Pages

09 Maret 2009

Spam

Di dunia maya ini (baca:internet) memang tidak bisa dipungkiri bahwa batasan-batasan penggunaannya sulit untuk dibendung. Kejahatan siber (cyber crime) ataupun tindakan eksploitasi komputer (computer fraud) makin membuat kita sebagai pengguna merasa was-was dan tentu saja akan mengurangi kenyamanan berinternet. Apalagi jika menyangkut urusan privasi, ini sangat krusial.
Spam (bahasa formalnya Junk Mail) adalah pengiriman surat atau pesan atau sekedar link kepada email/comments area/shouthBox /forum milik orang lain atau di tempat APAPUN NAMA-NYA dalam wilayah Web yang ter-otorisasi pihak lain yang tidak dikenal dan tidak di kehendaki penerimanya karena alasan tidak etis atau tidak pantas atau berpotensi MERUGIKAN, yang biasanya berisi iklan atau promosi produk atau berisi APAPUN NAMA-NYA yang mempunyai potensi MERUGIKAN pihak lain.

dan biasanya di lakukan secara tidak bertanggung jawab/tidak jelas pengirimnya/tidak bisa di konfirmasi...kirim terus ngumpet atau kirim dengan identitas yang di sembunyikan.
Bahkan sebagai contoh kasus, Blog saya ini misalnya yang milik atau berada dalam wilayah otorisasi blogger.com dan GOOGLE: misalnya memuat konten atau link atau sekedar beberapa baris kata/karakter/script tertentu bisa di angap spam oleh robot google atau blogger.com karena di anggap blog kita memuat sesuatu yang bisa merugikan atau membahayakan pihak mereka. dan hal ini sudah sering terjadi dan di alami rekan-rekan kita ,ada yang blognya di lock sehingga tidak bisa posting dan bahkan ada yang databasenya di hapus, bahkan bloggernya sendiri tidak mengerti kenapa blognya di anggap mengandung spam oleh pihak blogger.com atau google.
Antara Spam ,Scam,Phishing
- Scam adalah: berita-informasi di internet yang menipu/penipuan,Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai, pengumuman lotere, pinjaman uang tanpa agunan, cara cepat menjadi kaya, dan lain lain. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.Dalam bahasa Inggris, scam ini diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.

- Phishing adalah:
Dalam komputer, istilah bahasa Inggris phishing adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti e-mail atau pesan instan. Istilah ini muncul dari kata bahasa Inggris fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.
Duplikat halaman log-in Yahoo! di website Geocities
Duplikat halaman log-in Yahoo! di website Geocities
Dengan banyaknya kasus phishing yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk legislasi, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.

Lebih lanjut masalah spam di bawah ini pendapat dari http://www.master.web.id:
"Spam sebuah masalah yang serius. Kalau tidak serius, kenapa setiap hari orang perlu mengeluh kepada ISP/webhost, kenapa orang mesti ribut-ribut di milis, di forum-forum publik seperti Slashdot, dan bahkan di kalangan pemerintah—setidaknya di negara-negara bagian di AS dan Eropa?
Di lain pihak, spam adalah sebuah masalah yang multidimensional. Sebagai masalah teknis, spammer menyalahgunakan/menghabiskan resource jaringan. Komunitas milis Spam Brigade menjuluki spam sebagai “the biggest waste of bandwidth on the Internet and Usenet.” Betapa tidak, banyak uang terkuras setiap harinya karena bandwidth yang diperlukan untuk mengirimkan jutaan email spam. Padahal mayoritas email tersebut pada akhirnya akan dibounce atau langsung dihapus. Bukan itu saja, setiap spam yang diterima memakan waktu dan tenaga si penerimanya untuk membaca, menyortir, menghapus, berusaha menolak di kemudian hari. Spam pun bisa memenuhi mailbox, mengakibatkan mailserver sibuk, dan memperlambat layanan lainnya. Sebagai masalah bisnis, kegiatan spammer perlu dilawan karena banyak yang mempraktikkan penipuan. Dan terakhir, seperti ditekankan oleh narasumber P. Y. Adi Prasaja, spam juga sebuah masalah sosial: tindakan sebagian orang yang seenaknya menyalahgunakan sebuah fasilitas publik seperti Internet. Padahal agar fasilitas berjalan lancar diperlukan kerjasama dan sikap saling menjaga dari semua penggunanya."

TIPS MEMPROMOSIKAN PRODUCT UNTUK WEBMASTER / BLOGGER SUPAYA TIDAK DI ANGGAP SPAM.
"Misalnya saya punya bisnis baru jualan DODOL ,lalu saya buat artikel promosinya di http://dodol.blogspot.com :
1. Bisa lewat milis bisnis, kan banyak sekali tuh milis bisnis punya yahoo misalnya.
2. Bisa di sampaikan baik lewat SB, Comments, forum dari Web yang sesuai dengan product kita, dengan bahasa yang enak dan baik, kalau tidak dengan bahasa yang baik bisa terkesan meng-intimidasi dan bisa di anggap Spam juga oleh Author.
3. Bisa juga lewat komentar di blog tutorial misalnya. dengan cara memberi sekedar komentar pada artikel yang bersangkutan dan link-nya kita arahkan ke blog promosi tadi. kan jadi memberi kesan perkenalan yang bersahabat ,barangkali setelah mengunjungi link yang kita berikan terus tertarik dengan product kita. atau lewat ShouthBox dengan cara yang sama seperti tadi.


2 komentar: